Kamis, 26 Maret 2015

Sejarah Singkat Perkembangan Aplikasi Browser

Browser adalah software penyaji informasi dari internet. Browser telah dikenal sejak lama dan kini berbagai merek browser dikenal diseluruh dunia, untuk versi mobile didominasi oleh opera mini sedangkan untuk versi komputer desktop dirajai oleh Mozilla Firefox dan Google Chrom. 

Browser atau peramban web adalah Aplikasi perangkat lunak yang menjadi media penghubung antara user dengan Internet. Browser menyajikan informasi yang didapat di Internet dalam tampilan visual. Peramban web pertama diciptakan oleh Tim Berners-Lee bernama WorldWideWeb pada 26 Februari 1991  yang kemudian diganti namanya menjadi Nexus.  Kemudian pada tahun 1993, Marc Andreessen membuat inovasi peramban yang disebut Mosaic yang kemudian menjadi Netscape yang dikenal sebagai peramban web modern karena membuat internet lebih mudah digunakan dan diakses oleh banyak orang. Pada tahun-tahun kejayaannya Netscape digunakan oleh lebih dari 90% pengguna internet dunia.

Pada tahun 1995 Microsoft merilis Internet Explorer yang hingga sekarang menjadi browser bawaan untuk Windows. Sempat mendominasi pasar browser hingga tahun 2002, bersamaan dengan menanjaknya popularitas Micrososft didunia. Opera mulai dirilis pada tahun 1996, meski saat itu penggunanya dalam komputer sangat sedikit bahkan hingga tahun 2012. Namun tenyata yang mengherankan adalah ketika browser opera versi ponsel diperkenalkan dan berhasil menarik minat lebih dari 40 juta pengguna ponsel.

Pada Tahun 1998, Netscape memperkenalkan Mozilla Foundation yang mengembangkan Firefox yang memiliki jumlah pengguna yang cukup besar. Pada tahun 2003 dirilis safari versi beta yang digunakan pada komputer Apple.  Google juga turut meramaikan pasar browser dengan merilis Google Chrome pada tahun 2008 yang terus merangkak naik dan diiringi oleh merosotnya popularitas Internet Explorer.

Browser tak hanya digunakan pada komputer tapi juga pada gadget lain yang bisa terhubung dengan internet.  Nyaris semua pengembang browser membuat versi mobilenya, namun pupularitasnya belum bisa menyamai Opera Mini sebagai software browser yang tidak berbayar  dan memiliki tampilan sederhana dan ramah pengguna yang kompatibel untuk digunakan pada beragam jenis mobile phone dengan berbagai platform. Selain itu Opera versi mobile ini memiliki fitur kompresi data, sehingga mempercepat akses internet dan tentunya hemat kuota. Di indonesia Opera mini dikenal luas dan digunakan pada beragam jenis gadget. Sedangkan browser komputer yang paling populer dan sering digunakan adalah Mozilla Firefox dan Google Chrome

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar