Kamis, 26 Maret 2015

Sejarah dan Perkembangan Search Engine

Iri dengan keberhasilan Russia yang mapu pergi ke luar angkasa, pada tahun 1957 presiden Amerika Serikat, Dwight Essien Hower, memerintahkan untuk pembangunan Advenced Research Project Agency (APRA). Dengan merangkul beberapa universitas, akhirnya mereka menciptakan APRAnet yang merupakan bapak moyangnya internet zaman modern. Sejarah search engine diawali dengan adanya temuan internet.
Pada tahun 1960, sejarah search engine berlanjut ketika Ted Nelson menciptakan projek Xanadu dan tiga tahun berikutnya berhasil membuat hiperteks yang berisi hiperlink. Sekarang kita mengenalnya dengan kata link.
Saat awal perkembangan internet tersebut, Tim Berners-Lee membuat sebuah situs web yang berisikan daftar situs web yang ada di internet melalui peladen web CERN. Sejarah yang mencatat sejak tahun 1992 masih ada hingga kini. Dengan semakin banyaknya situs web yang aktif membuat daftar ini tidak lagi memungkinkan untuk dikelola oleh manusia. Utilitas pencari yang pertama kali digunakan untuk melakukan pencarian di internet adalah Archie yang berasal dari kata “archive” tanpa menggunakan huruf “v”. Archie dibuat tahun 1990 oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch, saat itu adalah mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill, Amerika Serikat. Archie bertugas melakukan pencarian terhadap semua file yang ada dari sebuah daftar direktori. Ia mendownload daftar tersebut, menyimpannya di sebuah lokasi File Transfer Protocol (FTP), dan membuat database dari daftar tersebut. Jadi, Archie yang notabene adalah search engine pertama di dunia berfungsi mencari file di internet, bukan mencari keyword seperti yang kita ketahui sekarang.
Jika program Archie meng-index file komputer, “Gopher” meng-index teks dokumen. Gopher diciptakan pada tahun 1991 oleh Mark Mccahill di Universitas Minnesota. Karena berbentuk file teks, hampir semua situs gopher menjadi website setelah terciptanya World Wide Web.
Program yang lainnya yaitu “Veronica” dan “Jughead”, yang berfungsi untuk mencari file yang disimpan di dalam sistem index Gopher. Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) menyediakan pencarian dengan menggunakan kata kunci di menu judul dalam seluruh daftar Gopher. Jughead ( Jonzy’s Universal Gopher Hierarchy Excavation And Display ) adalah suatu alat untuk memperoleh menu informasi dari beberapa jenis Gopher server.
Search engine pada web yang pertama adalah “Wandex”, suatu nowdefunct index yang dikumpulkan oleh World Wide Web Wanderer, suatu Web Crawler yang dikembangkan oleh Matthew Gray lulusan MIT tahun 1993. Pada tahun yang sama, sebuah search engine lainnya keluar yaitu Aliweb, yang saat ini masih ada. Search engine pertama kalinya yang “full text” atau search engine yang hampir semuanya tulisan adalah Web Crawler yang muncul pada tahun 1994. tidak seperti search engine sebelumnya, web crawler yang muncul pada tahun 1994. Tidak seperti search engine sebelumnya, web crawler mengijinkan para pemakai mencari informasi dengan menggunakan kata apa saja pada halaman web mana saja. Inilah yang menjadi standarisasi dari semua search engine yang ada sekarang ini.
Mesin pencari lainnya seperti Aliweb, muncul di 1993 dan masih berjalan hingga saat ini. Salah satu mesin pencari pertama yang sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalah Lycos, yang dimulai di Carnegie Mellon University sebagai proyek riset di tahun 1994.
Segera setelah itu, banyak mesin pencari yang bermunculan dan bersaing memperebutkan popularitas. Termasuk di antaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista. Masing-masing bersaing dengan menambahkan layakan-layanan tambahan seperti yang dilakukan oleh Yahoo. Belakangan direktori-direktori ini menggabungkan atau menambahkan teknologi mesin pencari agar fungsinya semakin meningkat.
Tahun 2002 Yahoo! mengakuisisi Inktomi, setahun kemudian mengakuisisi AlltheWeb dan Altavista kemudian pada tahun 2004, meluncurkan mesin pencari sendiri yang didasarkan pada teknologi gabungan dari mesin-mesin pencari yang telah diakuisisinya serta memberikan layanan yang mengutamakan pencarian Web daripada layanan-layanan lainnya.
Di bulan desember 2003, Orase menerbitkan versi pertama dari teknologi pencari waktu-riilnya. Mesin ini memiliki banyak fungsi baru dan tingkat unjuk kerja yang jauh lebih baik.
Mesin pencari juga dikenal sebagai target investasi internet yang terjadi pada akhir tahun 1990-an. Beberapa perusahaan mesin pencari yang masuk ke dalam pasar saham diketahui mencatat keuntungan besar. Sebagian lagi sama sekali menonaktifkan layanan mesin pencari, dan hanya memasarkannya pada edisi-edisi enterprise saja, contoh Northern Light sebelumnya diketahui merupakan salah satu dari 8 atau 9 mesin pencari awal setelah Lycos muncul.
Sebelum munculnya Web, ada pula mesin-mesin pencari untuk protokol atau penggunaan lain, seperti misalnya Archie search engine untuk situs-situs FTP anonim dan Veronica search engine untuk Gopher protocol.
Buku Osmar R. Zaïane From Resource Discovery to Knowledge Discovery on the Internet menjelaskan secara rinci sejarah teknologi mesin pencari sebelum munculnya Google. Mesin-mesin pencari lainnya mencakup a9.com, AlltheWeb, Ask Jeeves, Clusty, Gigablast, Teoma, Wisenut, GoHook, Kartoo, dan Vivisimo.

SEO (Search Engine Optimization)
SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Sejarah Search Engine Optimization Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian katakunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web.
Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah. Backrub hanyalah sebuah permulaan.
Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan.
PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.

Macam-macam search engine dan perkembangannya :

1. Google
Berawal dari pertemuan antara dua mahasiswa Universitas Stanford. Mereka adalah Larry Page dan Sergey Brin. Pada awalnya mereka tidak merasa cocok. Hal ini disebabkan ketidakcocokan mereka terhadap topik yang mereka bicarakan. Tetapi dibalik ketidakcocokan tersebut mereka mempunyai persamaan juga, yaitu mencari dan menemukan informasi yang relevan dari sekumpulan data yang besar.
Pada tahun 1996, dua maasiswa lulusan ilmu komputer ini mulai mengembangkan sebuah mesin pencari yang bernama BackRub. Mesin pencari ini telah beroperasi di Stanford Server selama lebih dari satu tahun, akhirnya terlalu banyak mengambil bandwidth dari kapasitas Universitas (Stanford). Larry dan Brin akhirnya memutuskan untuk mengganti nama BackRub. menjadi Google
Larry dan Sergey terus menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1998. Keduanya juga mulai mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi Google.
Gayung pun bersambut. Mereka mendapat suntikan dana dari teman kampus, Andy Bechtolsheim, yang merupakan pendiri Sun Microsystems. ”Kami bertemu dengan Andy pada pagi buta, di serambi asrama mahasiswa fakultas Stanford, di Palo Alto,” ujar Sergey. ”Kami memberikan demo secara singkat karena Andy tak memiliki waktu yang cukup lama. Lalu, dia hanya berkata, ‘Mengapa tidak aku tulis cek untuk kalian?’
Sebuah cek senilai 100 ribu dolar AS diberikan oleh Andy Bechtolsheim. Sayangnya, cek itu tertulis atas nama perusahaan Google. Padahal saat itu perusahaan bernama Google belum didirikan oleh Sergey dan Larry.
Investasi dari Andy menjadi sebuah dilema. Larry dan Sergey tak mungkin menyairkan cek selama belum ada lembaga legal yang bernama perusahaan Google. Karena itu, dua pendiri Google ini kembali bekerja keras dalam mencari investasi. Mereka mencari pendana dari kalangan keluarga, teman, dan sejawat hingga akhirnya terkumpul dana sekitar 1juta dolar. Dan akhirnya, perusahaan Google pun dapat didirikan pada 7 Septembar 1998 dan dibuka secara resmi di Menlo Park, California.
Pada Desember 1998, PC Magazine melaporkan bahwa Google memiliki bakat luar biasa untuk mengembalikan hasil yang sangat relevan dan mengakui sebagai 100 Top Web Site untuk tahun 1998.
Mereka kemudian melanjutkan untuk menjadi internet paling sukses yang pernah. Awal tahun 1999 mereka membuat kesepakatan dengan Sequoia Capital dan Kleiner Perkins sebesar $ 25 juta. Pada bulan November 1999 Charlie Ayers bergabung dengan Google sebagai koki pertama perusahaan. Pada bulan April 2000. Google mengumumkan program MentalPlex, yang memandang kemampuan perangkat lunak untuk membaca pikiran Anda saat Anda memvisualisasikan hasil pencarian yang Anda inginkan. Pada bulan Juni 2000, Google bermitra dengan Yahoo! untuk menjadi default penyedia pencarian mereka. Juga pada bulan Juni mereka mengumumkan indeks miliar URL pertama, membuat Google menjadi mesin pencari terbesar di dunia. Pada bulan September 2000 mereka mulai menawarkan pencarian dalam bahasa Cina, Jepang, dan Korea, sehingga jumlah total bahasa yang didukung sampai 15. Pada Desember 2000 Google toolbar dirilis.
Google semakin kuat sejak saat itu. Membuat Google menjadi situs mesin pencari terbesar dan terbaik saat ini, dengan beberapa perangkat tambahan. Google akan terus berada di puncak selama bertahun-tahun yang akan datang.
Penamaan Google
Nama Google dengan dua ‘o’ pun unik. Sebab, jika data hasil pencarian ditemukan, jumlah ‘o’ akan muncul sebanyak web yang didapat oleh mesin pencari. Kata Google berasal dari kata googol. Kata ini berhasil diciptakan oleh Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner, seorang ahli matematika dari AS. Sirotta membuat istilah googol untuk menyebutkan angka satu (1) yang diikuti 100 angka nol (0).
Luar biasa. Googol merupakan kata yang menunjukkan sebuah bilangan yang sangat besar jumlahnya. Bilangan yang melebihi bilangan miliar atau triliun. Dan di alam semesta ini tak ada benda yang berjumlah hingga googol-an. Tidak itu bintang, tidak itu partikel debu, dan tak pula atom.
Karena itu, penggunaan kata Google merupakan refleksi dari kata googol. Dengan kata tersebut, Google berusaha merefleksikan dirinya sebagai perusahaan yang memiliki misi mengelola sesuatu yang sangat luas dan tak terbatas. Dan itu hanya terdapat pada dunia saiber tempat informasi melimpah tanpa batas.
Berikut adalah beberapa jenis-jenis dari Mesin Pencari Berbasis Google:
– AOL Search
– CompuServe Search
– MySpace Search
– Mahalo.com
– Netscape
– Ripple

2. Yahoo!
(1994-1996)
Pada bulan Januari 1994, Jerry Yang dan David Filo membuat sebuah situs web yang diberi nama “Jerry’s Guide to the World Wide Web.” Awalnya, situs Jerry’s Guide to the World Wide Web hanyalah sebuah direktori daftar bookmark yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Fungsinya hanyalah sebagai penunjuk bagi situs-situs lain.
Bulan April 1994, “Jerry’s Guide to the World Wide Web” diganti namanya menjadi “Yahoo!”. Nama baru ini diambil oleh Filo dan Yang dari novel Gulliver’s Travel karya Jonathan Swift. Mereka memilih kata unik tersebut karena menyukai makna katanya yang berarti “primitif, kuno, kasar”. Selain itu Yahoo juga adalah singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Sedangkan alamat URL-nya adalah:akebono.stanford.edu/yahoo.
Namun, nama “Yahoo” sebenarnya telah lebih dulu dipatenkan menjadi merek produk saus barbekyu dan perahu karet oleh perusahaan lain. Inilah sebabnya mengapa Yang dan Filo terpaksa menambahkan sebuah tanda seru di belakang kata Yahoo sehingga menjadi “Yahoo!”. Walaupun demikian, tanda seru itu sering diabaikan saat orang menyebut Yahoo.
Akhir tahun 1994, Yahoo mencatat perkembangan mencengangkan karena telah di-klik oleh sekitar satu juta pengunjung. Menyadari potensi ini, Yang dan Filo membadan-hukumkan Yahoo sebagai sebuah perseroan terbatas pada 1 Maret 1995. Tahun berikutnya, tepatnya tanggal 12 April 1996, Yahoo mendapatkan dana segar sebesar 33,8 juta dolar AS yang dihimpun dari hasil penjualan 2,6 juta lembar sahamnya seharga USD 13 per lembar.
Perkembangan (1997-1999)
Tak mau ketinggalan dari para para pesaingnya, Yahoo mulai mengembangkan sayap hingga menjadi sebuah situs portal. Pada akhir dekade 90-an, sejumlah portal dan direktori situs seperti Yahoo, MSN, Lycos, Excite, dll berkembang sangat pesat. Mereka berlomba-lomba mengakuisisi layanan-layanan internet lain yang lebih kecil untuk dimasukkan dalam layanannya dengan harapan agar pengunjung/pengguna lebih betah dan setia di portalnya.
Tercatat pada 8 Maret 1997, Yahoo mengakuisisi perusahaan layanan komunikasi online yang bernama Four11. Salah satu produk Four11 yang terkenal adalah Rocketmail. Yahoo lalu mengubah nama produk ini menjadi Yahoo! Mail. Selanjutnya, Yahoo membeli ClassicGames.com dan mengubahnya menjadi Yahoo! Games. Tahun 1998, Yahoo mengakuisisi GeoCities, kemudian mengambil alih eGroups yang dirubah namanya menjadi Yahoo! Groups. Tanggal 21 Juli 1999, Yahoo meluncurkan salah satu produk terlarisnya: Yahoo! Messenger.
Yahoo! International
Sebagai sebuah portal besar, selain bahasa Inggris, Yahoo! juga mengelola layanan situs multi bahasa. Terdapat 42 layanan bahasa dalam portal Yahoo saat ini, yang di antaranya adalah Argentina, Brazil, Jerman, Perancis, Jepang, Thailand, India, Indonesia, dll.
Fenomena Dot-com bubble (2000-2001)
Dot-com bubble adalah sebuah periode masa (1995-2001) di mana sejumlah perusahaan berbasis internet seperti Yahoo, Google, AOL, dsb mencapai puncak kejayaannya yang ditandai dengan melambungnya harga saham perusahaan-perusahaan tersebut di lantai bursa. Pada 3 Januari 2000, saham Yahoo mencapai harga tertingginya pada level USD118,75 per lembar saham. Enambelas hari kemudian, saham Yahoo di Jepang mencatat sejarah sebagai saham pertama di lantai bursa Jepang yang diperdagangkan di atas J¥100,000,000, dengan harga per saham J¥ 101,4 juta atau sekitar USD 962,140 (kurs waktu itu).
Saking populernya, portal yahoo.com sempat mengalami hang beberapa jam pada 7 Februari 2000 akibat serangan hack. Namun ajaib pada keesokan harinya, harga saham Yahoo malah meningkat naik 4,5 persen.
Saat masa emas ini, Yahoo dan Google sempat mengikat suatu kerjasama yang dimulai pada 26 Juni 2000 di mana waktu itu Yahoo mengontrak Google untuk menempatkan mesin pencarinya sebagai mesin pencari standar di portal Yahoo.
Periode pasca dot-com bubble (2002-2006)
Yahoo adalah salah satu dari sedikit perusahaan besar berbasis internet yang bertahan setelah fenomena dot-com bubble berakhir. Pada 26 September 2001, saham Yahoo mencapai harga terendah pada titik USD 4,06.
Akhir 2002, untuk mengembangkan teknologi mesin pencarinya Yahoo menggandeng Inktomi. Bulan Februari 2003, Yahoo membeli Konfabulator dan mengganti namanya menjadi Yahoo! Widgets. Selanjutnya, Juli 2003, Yahoo mengambilalih saham Overture Services, Inc yang mengelola AltaVista dan AlltheWeb.
Setelah dirasa cukup, pada tanggal 18 Februari 2004 Yahoo secara resmi memutus kerjasamanya dengan Google dan mengembangkan teknologi mesin pencarinya sendiri.
Google kemudian merilis layanan email gratisannya sendiri, Gmail, yang berkapasitas 1 GB pada 1 April 2004. Melihat hal ini, Yahoo segera merespon dengan meningkatkan kapasitas mailbox email gratisan dari 4 MB menjadi 100 MB dan mailbox email berbayar Yahoo Mail Plus dari 1 GB menjadi 2 GB. Tak cukup sampai situ, pada 2007 Yahoo mengumumkan kapasitas mailbox-nya menjadi tak berbatas. Saat Google merilis Google Talk (produk yang hampir mirip dengan Yahoo! Mesengger) pada 2005, Yahoo bekerjasama dengan Microsoft mengumumkan bahwa Yahoo! Mesengger bisa dipakai multi fungsi bersama MSN Mesengger (produk serupa dari Microsoft).
Berikut adalah beberapa jenis-jenis dari Mesin Pencari Berbasis Yahoo:
– AltaVista
– AlltheWeb
– GoodSearch
– Rectifi

3. MSN
MSN pada awalnya dikuasai oleh Yahoo! dan mereka berniat untuk mempunyai pencarian produk tersebut pada tahun 2004 dan telah menyebarkan beberapa dokumen penelitian ini tidak pasti jika tidak akan dibantu oleh algoritma.

4. Altavista
AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation ‘s Western Research Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat file penemuan tentang jaringan publik lebih mudah. Walaupun ada beberapa perselisihan tentang siapa yang bertanggung jawab atas ide asli,dua peserta kunci Louis Monier , yang menulis crawler , dan Michael Burrows , yang menulis pengindeks . Nama AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista adalah publik diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com.
Saat peluncuran, layanan itu memiliki dua inovasi yang mengaturnya depan mesin pencari lainnya; Ini digunakan cepat, multi-threaded crawler (Scooter) yang dapat mencakup banyak halaman Web lebih dari yang diyakini ada pada saat itu dan berjalan efisien pencarian back-end pada hardware lanjut.Pada tahun 1998, digunakan 20 multi-prosesor mesin menggunakan-bit 64 DEC Alpha prosesor. Bersama-sama, mesin back-end memiliki 130 GB RAM dan 500 GB hard disk space, dan menerima 13 juta query per hari.Ini AltaVista membuat pertama dicari, full-text database dari sebagian besar dari World Wide web . Fitur yang membedakan AltaVista adalah antarmuka minimalis dibandingkan dengan mesin pencari lain waktu, sebuah fitur yang hilang ketika menjadi sebuah portal , namun kembali ketika upaya memfokuskan kembali pada fungsi pencarian.
AltaVista situs adalah sebuah kesuksesan. Lalu lintas terus meningkat dari 300.000 hits di hari pertama lebih dari 80 juta hits sehari dua tahun kemudian.Kemampuan untuk mencari web, dan itu layanan AltaVista khususnya, menjadi subyek berbagai artikel dan bahkan beberapa buku. AltaVista sendiri menjadi salah satu tujuan utama di web, dan pada tahun 1997 akan menghasilkan US $ 50 juta dalam sponsor pendapatan .
Pada tahun 1996, AltaVista menjadi penyedia eksklusif hasil pencarian untuk Yahoo! . Pada tahun 1998, Digital dijual ke Compaq dan pada tahun 1999, Compaq AltaVista diluncurkan kembali sebagai web portal , berharap untuk bersaing dengan Yahoo!. AltaVista ditinggalkan dan halaman pencarian efisien terfokus pada fitur seperti belanja dan gratis. Pada bulan Juni 1998, Compaq dibayar AltaVista Teknologi Incorporated (“ATI”) $ 3,3 juta untuk yang nama domain altavista.com – Jack Marshall , salah seorang pendiri ATI, telah mendaftarkan nama pada tahun 1994.
Pada bulan Juni 1999, Compaq menjual saham mayoritas di AltaVista ke CMGI , sebuah perusahaan investasi internet. CMGI mengajukan penawaran umum perdana atas AltaVista berlangsung pada bulan April 2000, tetapi sebagai gelembung internet runtuh, IPO tersebut dibatalkan. Sementara itu, menjadi jelas bahwa strategi ini AltaVista portal tidak berhasil, dan layanan pencarian mulai kehilangan pangsa pasar, terutama untuk Google . Setelah serangkaian PHK dan perubahan manajemen, AltaVista secara bertahap gudang fitur portal dan kembali fokus pada pencarian. Pada tahun 2002, AltaVista telah meningkatkan kualitas dan kesegaran hasil dan didesain ulang antarmuka pengguna. Pada Februari 2003, Altavista dibeli oleh Overture Services, Inc Pada bulan Juli 2003, Overture sendiri diambil alih oleh Yahoo.
Layanan Gratis
AltaVista menyediakan layanan terjemahan bebas, bermerek Babel Fish , yang secara otomatis menerjemahkan teks antara beberapa bahasa.. Pada bulan Mei 2008, layanan ini kembali dicap sebagai bagian dari Yahoo!.
AltaVista Salah satu Search Engine Terlama
AltaVista memiliki kehormatan menjadi salah satu mesin pencari tertua di Web, karena mulai perjalanan kembali (ini adalah waktu yang lama di tahun Internet) pada tahun 1995 dengan indeks pertama Web Internet. Just as a quick age comparison, Google started in 1998 , and Yahoo started out as an Internet guide in 1994. Sama seperti perbandingan usia cepat, Google dimulai pada tahun 1998 , dan Yahoo dimulai sebagai panduan internet pada tahun 1994.

5. Dll.

Sumber :
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari_web (Jum’at 11 Oktober 2013 19:50)
3. http://www.anneahira.com/sejarah-search-engine.htm (Jum’at 11 Oktober 2013 20:01)
9. http://sejarah-yahoo.blogspot.com/ (Jum’at 11 Oktober 2013 21:08)
10. http://id.wikipedia.org/wiki/MSN (Jum’at 11 Oktober 2013 21:11)
11. http://sejarahaltavista.blogspot.com/ (Jum’at 11 Oktober 2013 21:13)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar